Boeing 717
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 717 | |
---|---|
|
|
Tipe | Airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 2 September 1998 |
Diperkenalkan | 12 October 1999 |
Pengguna | AirTran Airways Hawaiian Airlines QantasLink MexicanaClick |
Tahun produksi | 1998-2006 |
Jumlah produksi | 156 |
Acuan dasar | McDonnell Douglas MD-80 |
Rancangan 717 adalah hasil kompromi antara Midwest Airlines, AirTran, dan American Airlines atas konfigurasi pendahulunya Boeing 707. Pesawat ini mirip McDonnell Douglas DC-9. Sesungguhnya pesawat ini adalah MD-95, karena model ini sebetulnya adalah desain McDonnell Douglas.
Boeing 737
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 737 | |
---|---|
|
|
Tipe | Airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 9 April 1967 |
Status | Active |
Pengguna | Southwest Airlines Lion Air Ryanair Continental Airlines Alaska Airlines |
Tahun produksi | 1968 – sekarang |
Jumlah produksi | 6,687 pada Februari 2011[1] |
Harga satuan | 737-100: US$32 million[2] 737 NG: US$51.5-87 million (2008)[3][4] |
Varian | Boeing T-43 Boeing 737 Classic Boeing 737 Next Generation |
Boeing 747
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 747 | |
---|---|
|
|
Tipe | Berbadan lebar - Jumbo jet |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Perancang | Joseph F. Sutter |
Terbang perdana | 9 Februari 1969[1] |
Status | Aktif |
Pengguna | British Airways Japan Airlines Cathay Pacific Korean Air Garuda Indonesia |
Tahun produksi | 1969 - sekarang |
Jumlah produksi | 1,395 November 2007 |
Harga satuan | 747-100 US$24 juta (1967) 747-200 $39 juta (1976) 747-300 $83 juta (1982) 747-400 $228-260 juta (2007)[2] 747-8 $285.5-300 million (2007)[2][3] |
Varian | Boeing 747SP Boeing VC-25 Boeing 747-400 Boeing 747-8 Boeing 747 LCF |
Boeing 747, juga dikenal sebagai Jumbo Jet, adalah pesawat penumpang terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007.
Pesawat empat mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan konfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis dan kelas ekonomi) mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) mampu menampung 600 penumpang.
747 dapat terbang pada kecepatan yang tinggi (umumnya 0,85 Mach atau 909 kilometer per jam) dan mampu terbang antara benua (dengan jarak maksimum 13.570 km sampai 15.000 km). Pada tahun 1989, Qantas terbang tanpa henti dari London ke Sydney, jarak penerbangan tersebut adalah sejauh 18.000 km dan di selesaikan dalam waktu 20 jam 9 menit. Namun penerbangan itu tidak mengangkut penumpang maupun kargo (pesawat kosong). Pada Mei 2004, 1382 pesawat Boeing 747, dengan berbagai konfigurasi, telah diperbaiki atau disempurnakan, menjadikan 747 salah satu produk Boeing yang paling sukses. [1].
Boeing 767
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 767 | |
---|---|
|
|
Tipe | Wide-body aircraft jet airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 26 September 1981 |
Status | Aktif |
Pengguna | Delta Air Lines UPS Airlines All Nippon Airways American Airlines |
Tahun produksi | 1982–sekarang |
Jumlah produksi | 981 sampai November 2009 |
Harga satuan | 767-200ER: US$127.5-139.0 million[1] 767-300ER: US$144.5-161.5 million[1] 767-300F: US$155.0-166.0 million 767-400ER: US$158.0-173.0 million[1] |
Varian | Boeing E-767 Boeing KC-767 E-10 MC2A |
|
Boeing 767, sebuah jet badan lebar, diperkenalkan pada waktu yang sama dengan Boeing 757, yang merupakan badan sempit. 767 memiliki rasio kursi-dengan-lorong 3,5 di kelas ekonomi, membuat pengantaran makanan yang lebih cepat dan proses keluar pesawat yang lebih cepat dari pesawat lain, yang biasanya memiliki rasio 4 dan 6 kursi per lorong di kelas ekonomi.
Di sisi lain 767 memiliki fuselage yang sedikit lebih sempit dibanding pesawat badan lebar lainnya (seperti Airbus A300 dan A310, sehingga ia tidak dapat membawa Unit Load Device biasa, dan digantikan dengan kontainer air freight dan pallet khusus.
767 akan digantikan dengan Boeing 787.
Boeing 777
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 777 | |||||
---|---|---|---|---|---|
|
|||||
Tipe | Wide-body jet airliner | ||||
Produsen | Boeing Commercial Airplanes | ||||
Terbang perdana | 12 Juni 1994 | ||||
Status | Dalam produksi | ||||
Pengguna | Emirates Singapore Airlines Air France United Airlines(launch consumer) |
||||
Tahun produksi | 1993–sekarang | ||||
Jumlah produksi | 1.025 sampai June 2012 | ||||
Harga satuan | 777-200ER: US$205.5–231.0 million[1] 777-200LR: US$237.5–263.5 million[1] 777-300ER: US$257.0–286.5 million[1] 777F: US$252.5–260.5 million[1] |
Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar sempurna, dan "tailcone" belakang yang menyerupai mata pisau.
Pada 2005 harga satuannya sekitar AS$213 juta, meskipun harga bagi maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.
Boeing 777 dibuat untuk menjadi pengganti Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat bijet (mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan dengan jarak terjauh adalah 777-200LR. Emirates, maskapai nasional UEA adalah operator terbesar pesawat 777.
Boeing 787
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 787 Dreamliner | |
---|---|
|
|
Tipe | Wide-body aircraft jet airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 15 Desember 2009 |
Status | Produksi awal |
Pengguna | All Nippon Airways |
Jumlah produksi | 33 |
Harga satuan | 787-3: US$150.0–155.5 million[1][2] 787-8: US$161.0–171.5 million[1] 787-9: US$194.0–205.5 million[1] |
Sebelum 28 Januari 2005 787 dikenal dengan nama 7E7. Pada 26 April 2005 tampilan luar terakhir rancangan 787 dibekukan.
Pesawat ini menggunakan lampu berbasis LED untuk menerangi bagian interiornya. Lampu berbasis LED ini juga dipakai pada pesawat Airbus A350 series. Lampu jenis ini diperkirakan akan banyak dipakai dalam desain pesawat masa depan.
Pesawat ini juga menggunakan teknologi "smart glass" / "smart windows" yang memungkinkan tampilan jendela untuk memudar / kembali ke normal secara halus.
Boeing 727
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 727 | |
---|---|
|
|
Tipe | Airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 9 Februari 1963 |
Diperkenalkan | 1 February 1964 dengan United Airlines |
Status | Tidak diproduksi lagi, masih beroperasi |
Pengguna | FedEx Express Astar Air Cargo |
Tahun produksi | 1963–1984 |
Jumlah produksi | 1,832 |
Rancangan 727 adalah hasil kompromi antara United Airlines, American Airlines, dan Eastern Airlines atas konfigurasi pendahulunya Boeing 707. United mengingingkan sebuah pesawat empat-mesin untuk penerbangannya di bandara ketinggian-tinggi, terutama hubnya di Bandara Internasional Stapleton. American menginginkan pesawat mesin-kembar dengan alasan efisiensi. Eastern menginginkan mesin ke-tiga untuk penerbangan atas airnya ke Karibia. Akhirnya, ketiga maskapai setuju atas sebuah trijet, dan lahirlah 727.
Boeing 727 dirancang untuk dapat beroperasi di bandara-bandara yang belum berkembang (kekurangan fasilitas darat yang memadai). Sebagai contoh, 727 dilengkapi airstair, yaitu pintu masuk dan keluar yang berada di belakang pesawat tepatnya pada bagian buritan pesawat. 727 sangat populer karena mudah dan murah dalam hal perawatan, serta sesuai dengan kebutuhan maskapai pada saat itu yang menginginkan pesawat yang memadai untuk penerbangan jarak pendek hingga sedang, serta mampu mendarat di landasan pendek dengan muatan penuh, terutama untuk frekuensi tinggi dan bandara-bandara di tempat wisata (terutama di negara berkembang). Pesawat ini ditenagai oleh 3 mesin Pratt & Whitney JT8D.
Boeing 727 adalah salah satu pesawat paling berisik yang pernah dibuat.
Boeing 757
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 757 | |
---|---|
|
|
Tipe | Pesawat terbang komersial |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 19 Februari 1982 |
Status | Tidak diprosuksi lagi, masih aktif terbang |
Pengguna | Delta Air Lines American Airlines United Airlines UPS Airlines |
Tahun produksi | 1982-2004 |
Jumlah produksi | 1.050 unit |
Harga satuan | 757-200: US$ 65 juta dolar (2002) 757-300: US$ 80 juta dolar (2002) |
Varian | Boeing C-32 |
|
0 komentar:
Your comment / Pesawat Boeing